Laman

Tuesday, March 3, 2015

PENGINGAT : Pengetahuan Dasar oleh Dewan Guru

"PENGINGAT"  (Pengetahuan Dasar bagi seluruh Anggota) .

Walau "Merpati Putih" adalah PPS BeTaKo (Peguruan Pencak Silat Bela Diri Tangan Kosong), yang pada prinsipnya mengandalkan kemampuan bentuk 'serang-bela' TANGAN KOSONG.
Dengan GERAK DASAR yang terdiri dari GERAK TANGAN TANGKISAN (GTT) dan GERAK TANGAN SERANGAN (GTS) ditunjang dengan GERAK KAKI SERANGAN (GK).
Namun 'kehandalan' bela-dirinya yang sesungguhnya terletak pada kemampuan menguasai GERAK LANGKAH dengan SIKAP kuda-kuda yang mantap .

Karena itu sepatutnya anggota Merpati Putih, untuk berlatih Tata Bela Dirinya, terlebih dahulu berupaya untuk menguasai 'gerak langkah' dan kemudian 'mengaplikasikannya' dengan GTT, GTS dan GK .

PPS Betako Merpati Putih melatihkan GERAK DASAR terdiri dari :
A. 8 Bentuk SIKAP ;
B. 20 bentuk GERAK LANGKAH ;
C. 14 bentuk GERAK KAKI SERANGAN ;
D. 14 bentuk GERAK TANGAN TANGKISAN :
E. 15 bentuk GERAK TANGAN SERANGAN ;

Dari 'Gerak Dasar'-lah akan dihasilkan 'ratusan bahkan ribuan' tata gerak bela-diri yang indah, efektif, efisien dan berdaya gempur tinggi.
(Sebagai "Penunjang" kemampuan bela diri tangan kosongnya, Merpati Putih mengajarkan "Pengenalan senjata" terutama senjata khas Merpati Putih). Dan tentunya dengan tetap tidak meninggalkan PONDASI keilmuan Merpati Putih yaitu PERNAPASAN(Maaf... tidak ada tanya-jawab lewat media ini. Silahkan ditanyakan kepada para Pelatihnya masing-masing).

Selamat berlatih dengan bersungguh-sungguh.
Semoga mampu meraih manfaat yang barokah .
Salam hormat dan sayangku,

No comments:

Post a Comment